Bosowa Journal of Education
Vol 5 No 1 (2024): Bosowa Journal of Education, Desember 2024

Model Pembelajaran Experiential Learning dalam Peningkatan Motivasi Belajar dan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 1 Gandangbatu Sillanan Tana Toraja

Ropinis, Esther (Unknown)
Madjid, Syahriah (Unknown)
Hamsiah, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran dalam peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SDN 1 Gandangbatu Sillanan dan mengetahui pengaruh model pembelajaran Experiential Learning dalam peningkatan minat baca siswa Kelas V SDN 1 Gandangbatu Sillanan Tana Toraja. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah, semua siswa kelas V SDN 1 Gandangbatu Sillanan dengan jumlah yaitu 13 siswa. Intsrumen yang digunakan adalah angket dan studi pustaka. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan software SPSS versi 23. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa (1) Nilai signifikansi yang diperoleh dari hasil uji regresi di mana diperoleh nilai 0.003 nilai tersebut lebih kecil daripada nilai probabilitas 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, yang berarti Ada pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning terhadap minat membaca siswa.  (2) Nilai signifikansi yang diperoleh dari hasil uji regresi dimana diperoleh nilai 0.000 nilai tersebut lebih kecil daripada nilai probabilitas 0.05 (0.000<0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti Ada pengaruh antara Model Pembelajaran Experiential Learning terhadap Motivasi belajar siswa. This study aims (1) to determine the effect of the learning model in increasing the learning motivation of fifth grade students of SDN 1 Gandangbatu Sillanan. (2). To determine the effect of the Experiential Learning model in increasing the reading interest of Class V students of SDN 1 Gandangbatu Sillanan Tana Toraja. The research method used is quantitative research. The sample in this study were all fifth grade students of SDN 1 Gandangbatu Sillanan with a total of 13 students. Intsrumen used is a questionnaire and literature study. The data obtained in this study were processed using SPSS software version 23. After conducting the research, the researchers concluded that (1) The significance value obtained from the regression test results where a value of 0.003 was obtained, this value is smaller than the probability value of 0.05 so it can be concluded that H1 is accepted and H0 is rejected, which means that there is an effect of the Experiential Learning Model on students' interest in reading.  (2) The significance value obtained from the regression test results where a value of 0.000 is obtained, this value is smaller than the probability value of 0.05 (0.000 <0.05) so it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted, which means that there is an influence between the Experiential Learning Model on student learning motivation.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...