Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan berdasarkan hasil analisa SWOT dalam meningkatkan penjualan mobil produk Daihatsu oleh PT. Tri Mandiri Selaras di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu. Metode yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif. Populasi pada penelitian ini Karyawan PT. Tri Mandiri Selaras di Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 27 orang. Sampel ditarik secara purposive sampling: Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan mobil masih mengalami kendala dalam artian kurang maksimal menerapkan strategi bauran pemasaran 7 P yaitu: keterbatasan produk yang ditawarkan, harga belum mampu bersaing, tidak adanya anak cabang perusahaan, promosi yang digunakan masih terbatas, belum didukung SDM yang berkualitas, process (proses) pengiriman lamban dan physical evidence (tampilan fisik) belum didukung oleh ruang yang memberikan kenyamanan. Strategi pemasaran berdasarkan hasil analisa SWOT dalam meningkatkan penjualan mobil dengan cara menambah produk yang ditawarkan, harga bersaing disertai dengan pomotongan atau diskon dalam pesanan yang besar, membuka anak cabang perusahaan pada wilayah yang potensial, menambah jaringan promosi yang digunakan melalui media sosial, proses pengiriman mobil untuk jarak jauh dengan car carier trailer serta tampilan fisik ruangan didesain dengan baik Kata kunci: strategi pemasaran, penjualan, mobil
Copyrights © 2024