Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
Vol. 6 No. 1 (2025)

Edukasi budaya daerah berbasis permainan interaktif untuk meningkatkan kesadaran generasi Z

Latifah, Umi (Unknown)
Elisatussya'bania (Unknown)
Nur’aini, Dewi Ayu (Unknown)
Zulinar, Ariel Teta (Unknown)
Agustin, Nihla Akhyaro (Unknown)
Cahya, Herawaty Dwi (Unknown)
Ridalloh (Unknown)
Dewa, Romero Rafliansyah Kusuma (Unknown)
Pribadi, Achmad Afif Fajar (Unknown)
Sulistiono, Rachmad (Unknown)
Irawan, Zamrony (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2024

Abstract

Generasi Z dikenal sebagai generasi yang tumbuh di era digital, yang memiliki keterikatan kuat dengan teknologi namun cenderung kurang mengenal budaya lokal. Fenomena ini menimbulkan tantangan dalam pelestarian dan peningkatan kesadaran budaya daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi program edukasi budaya daerah berbasis permainan interaktif sebagai solusi untuk meningkatkan kesadaran budaya di kalangan Generasi Z. Kajian teori dalam penelitian ini meliputi konsep pembelajaran interaktif, teknologi pendidikan, dan pentingnya kesadaran budaya. Metode penelitian menggunakan metode participatory action research (PAR), yang terdiri dari tiga kata yang berhubungan satu sama lain, yaitu partisipasi, riset, dan aksi dengan pengembangan media permainan interaktif yang memadukan unsur budaya lokal. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah yang mewakili Generasi Z. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket pre-test dan post-test terkait tingkat kesadaran budaya sebelum dan setelah penerapan permainan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kesadaran budaya di kalangan peserta setelah mengikuti program edukasi berbasis permainan interaktif. Program ini tidak hanya meningkatkan pemahaman tentang budaya lokal, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan relevan dengan gaya hidup Generasi Z. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan permainan interaktif merupakan strategi efektif dalam upaya melestarikan budaya daerah dan meningkatkan kesadaran budaya di kalangan generasi muda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP2M

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) dengan nomor registrasi ISSN 2721-5156 (cetak) 2721-5148 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmu yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum ...