TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES
Vol. 5 No. 2

SOSIALISASI RAGAM ICE BREAKING BAGI GURU LAB SCHOOL PAUD UNIB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Uliyandari, Mellyta Mellyta (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2024

Abstract

Pada Proses pembelajaran, kurangnya kegiatan diawal proses belajar akan berdampak pada rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Rendahnya motivasi siswa tersebut dapat dilihat dari kondisi siswa yang mengantuk dan lesu saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu dibutuhkan teknik pembelajaran yang lebih menarik dan dapat memotivasi siswa. Salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk memotivasi siswa dalam belajar adalah kegiatan ice breaking. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada guru dan siswa Lab School PAUD Unib tentang kegiatan ice breaking dan keterampilan menerapkan ice breaking. Metode pengabdian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pelatihan dan sosialisasi, tahap praktek terbimbing, dan tahap monitoring dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini adalah guru dan siswa Lab School PAUD Unib dapat memahami tentang ice breaking dan menerapkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Pada Proses pembelajaran, kurangnya kegiatan diawal proses belajar akan berdampak pada rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Rendahnya motivasi siswa tersebut dapat dilihat dari kondisi siswa yang mengantuk dan lesu saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu dibutuhkan teknik pembelajaran yang lebih menarik dan dapat memotivasi siswa. Salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk memotivasi siswa dalam belajar adalah kegiatan ice breaking. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada guru dan siswa Lab School PAUD Unib tentang kegiatan ice breaking dan keterampilan menerapkan ice breaking. Metode pengabdian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pelatihan dan sosialisasi, tahap praktek terbimbing, dan tahap monitoring dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini adalah guru dan siswa Lab School PAUD Unib dapat memahami tentang ice breaking dan menerapkan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tribute

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES is a journal for publication of community service activities focusing on student community service (KKN) with the following topics such as training, marketing, appropriate technology, design, education for sustainable development, disaster management, health, ...