Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pendidikan ekonomi dalam memerangi pengangguran di era digital. Dalam konteks globalisasi yang semakin berkembang, pendidikan ekonomi menjadi sangat penting untuk membekali generasi baru dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang mahasiswa pendidikan ekonomi untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang bagaimana pendidikan ekonomi dapat berkontribusi. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Dalam penelitian purposive sampling, peneliti secara selektif memilih informan atau partisipan berdasarkan kriteria tertentu yang berkaitan dengan topik penelitian. Langkah pertama adalah memahami dengan jelas tujuan penelitian dan pertanyaan penelitian yang akan dijawab oleh responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan ekonomi tidak hanya menawarkan teori, tetapi juga keterampilan praktis yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja, seperti kursus bahasa asing dan pelatihan di pusat pelatihan profesi (BLK) yang ditawarkan pemerintah. Pendidikan ekonomi berperan penting dalam mempersiapkan individu menghadapi tantangan dunia kerja yang terus berubah, terutama di era digital. Meningkatkan keterampilandan keterampilan individu, pendidikan dapat membantu beradaptasi terhadap perubahan yang cepat dan berkontribusi terhadap perekonomian global.
Copyrights © 2024