Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD PPK ST. Tarsisius Biankuk Merauke. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain pretest-possttest control group design. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes hasil belajar. Dengan jumlah sampel 60 orang siswa dengan teknik purposive sampling dengan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery yang terdiri dari tahap observasi, tahap perumusan masalah, tahap membuat hipotesis, tahap pengumumpulan data dan tahap membuat kesimpulan pada umumnya terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD YPPK ST. Tarsisius Biankuk Merauke berada pada kategori sangat rendah baik pada kelompok eksperimen maupun pada kelompok kontrol (pretest). Setelah pemberian posttest dilakukan maka terjadi peningkatan hasil belajar yang berada pada kategori tinggi di kelompok eksperimen sedangkan kelompok kontrol berada pada kategori sedang. Penggunaan model discovery berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD YPPK ST. Tarsisius Biankuk Merauke.
Copyrights © 2024