Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Negeri Makassar
Vol. 2 (2024): Prosiding Seminar Nasional UNM ke-63 2024

Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Kota Makassar

Haerul (Unknown)
Rifdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah dasar Kota Makassar dengan menggunakan pendekatan kajian literatur berdasarkan teori evaluasi implementasi William Dunn (2003). Kurikulum Merdeka Belajar, yang diperkenalkan sebagai upaya reformasi pendidikan, dirancang untuk memberikan fleksibilitas dan responsivitas dalam proses pembelajaran. Namun, keberhasilan implementasi kurikulum ini sangat bergantung pada berbagai faktor kontekstual, proses, dan hasil yang dicapai. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur, yang melibatkan pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber primer dan sekunder, termasuk dokumen kebijakan, buku, artikel jurnal, dan laporan penelitian terbaru. Kajian ini mengevaluasi konteks lokal, proses implementasi, hasil yang dicapai, keterlibatan stakeholder, dan dukungan kebijakan dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Kota Makassar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kontekstual seperti perbedaan kondisi geografis dan sosial-ekonomi mempengaruhi implementasi kurikulum. Selain itu, proses implementasi menghadapi tantangan terkait dengan pelatihan guru dan dukungan administratif. Evaluasi hasil menunjukkan adanya variasi dalam pencapaian hasil belajar siswa, yang dipengaruhi oleh berbagai aspek, termasuk keterlibatan orang tua dan dukungan kebijakan pemerintah daerah. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa keterlibatan stakeholder dan dukungan kebijakan merupakan kunci keberhasilan implementasi kurikulum.Berdasarkan temuan ini, disarankan agar implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Kota Makassar mempertimbangkan faktor-faktor kontekstual secara lebih mendalam, meningkatkan pelatihan dan dukungan bagi guru, serta memperkuat keterlibatan stakeholder dan dukungan kebijakan. Penelitian ini memberikan wawasan penting untuk perbaikan dan pengembangan kurikulum yang lebih efektif di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Semnasdies62

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Proceedings of the 62nd Anniversary National Seminar published by Makassar State University (UNM) with the theme is "The Role of Education Based on Information & Communication Technology Literacy in Advancing Human Resources in the Era of Society 5.0". The proceedings of this seminar are ...