Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025

Akselerasi Manajemen Baitul Mal Waal Tamwil Berbasis Masjid di Kota Lhokseumawe Dan Kabupaten Aceh Barat

Yusuf, Muhammad Yasir (Unknown)
Jalaluddin, Jalaluddin (Unknown)
Maulana, Hafiizh (Unknown)
Pranata, Eka Octavian (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2024

Abstract

Masjid sebagai lembaga keagamaan yang menjadi pusat aktivitas ibadah, memiliki potensi yang besar dalam pengembangan dan pemberdayaan umat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membangun paradigma baru tentang tata kelola masjid yang mampu menjadi sumber penghimpunan dan penyaluran pembiayaan syariah melalui akselerasi Baitul Maal waal Tamwil (BMT). Pengabdian dilakukan pada 2 (dua) wilayah strategis di Provinsi Aceh; yaitu Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Barat. Masjid yang akan menjadi sasaran dalam pengabdian ini adalah Masjid Baiturrahman Kota Lhokseumawe dan Masjid An-Nur Meulaboh. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam 4 tahapan, yaitu proses koordinasi dan komunikasi gagasan pengembangan ekonomi masjid, pemetaan/maping potensi masjid, dan pelatihan manajemen pengelolaan BMT Masjid. Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan, respons dan pandangan pengurus BKM di Masjid Baiturrahman Kota Lhokseumawe dan Masjid An-Nur Meulaboh sangat baik dan membutuhkan pendampingan lanjutan untuk pengembangan unit usaha masjid. Pelatihan manajemen pengelolaan BMT Masjid menjadi landasan bagi penguatan Sumber Daya Insani pengelola unit usaha dalam akad dan keuangan syariah, mengembangkan kelembagaan BMT, dan kemampuan untuk merancang bisnis yang adaptif dengan kebutuhan jamaah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...