Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi al-Qur’an dan hadis dalam pembelaajran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 1 Medan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik triangulasi, termasuk observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, dan siswa, serta kajian dokumen terkait implementasi kurikulum dan perencanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran materi Al-Qur'an dan Hadis mencakup dimensi kognitif, afektif, dan psikomotorik, dengan penekanan tidak hanya pada penguasaan pengetahuan, tetapi juga pada internalisasi nilai-nilai dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan signifikan yang menghambat pelaksanaan pengajaran secara optimal. Tantangan-tantangan tersebut meliputi keterbatasan kompetensi guru dalam menguasai pendekatan pedagogis yang inovatif, kurangnya variasi metode pengajaran, serta minimnya infrastruktur pendukung untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif.
Copyrights © 2024