Ami : Jurnal Pendidikan dan Riset
Vol 3, No 1 (2025)

Dasar Kepemimpinan Pendidikan Dalam Al-Qur’an dan Hadist

Sulisniati, Sulisniati (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary)
Efendi Hasibuan, Zainal (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2025

Abstract

Dasar kepemimpinan pendidikan dalam Islam memiliki pijakan yang kuat dari Al-Qur’an dan Hadis, sebagai sumber utama ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji prinsip-prinsip kepemimpinan dalam pendidikan berdasarkan nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadis serta relevansinya dengan praktik pendidikan kontemporer. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur, dengan menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis-hadis yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pendidikan dalam Islam menekankan pada integritas, keadilan, tanggung jawab, dan sikap visioner. Pemimpin pendidikan yang ideal harus memiliki sifat-sifat utama seperti shiddiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), fathanah (cerdas), dan tabligh (mampu menyampaikan). Selain itu, Al-Qur’an memberikan panduan etis, seperti dalam surah Ali Imran ayat 159 yang menekankan pentingnya musyawarah dan kelembutan dalam memimpin. Hadis Nabi Muhammad SAW juga menegaskan tanggung jawab pemimpin sebagai pelayan masyarakat. Prinsip-prinsip ini relevan untuk diterapkan dalam konteks pendidikan modern, terutama dalam membangun lingkungan belajar yang inklusif, kolaboratif, dan berorientasi pada pengembangan akhlak. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para pendidik dan pengambil kebijakan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam praktik kepemimpinan pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ami

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

AMI: Jurnal Pendidikan dan Riset aims to publish and disseminate original works and current issues regarding the subject of research and studies in the fields of: 1. Teacher professionalism in Islamic Basic Education 2. Development and Design of Islamic Basic Education Learning 3. Application and ...