Ami : Jurnal Pendidikan dan Riset
Vol 3, No 1 (2025)

Implementasi Strategi Pembelajaran Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs. Zia Salsabila

Lubis, Azra Fahira (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Hakim, Lukmanul (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Nurhaini, Nurhaini (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Arlina, Arlina (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan implementasi strategi pembelajaran demonstrasi dapat mempengaruhi terhadap interaksi siswa, keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran, kemampuan siswa dan dampaknya terhadap pemahaman materi Fiqih di Tingkat Tsanawiyah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dideskripsikan secara mendetail dalam bentuk kalimat yang menggambarkan makna dari aspek yang diteliti. Analisis  data  dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui strategi ini, siswa lebih mudah memahami materi, mampu mengikuti dan mendemonstrasikan materi secara mandiri dengan percaya diri, serta strategi ini mendorong rasa ingin tahu siswa untuk mempelajari materi lebih dalam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ami

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

AMI: Jurnal Pendidikan dan Riset aims to publish and disseminate original works and current issues regarding the subject of research and studies in the fields of: 1. Teacher professionalism in Islamic Basic Education 2. Development and Design of Islamic Basic Education Learning 3. Application and ...