COMPETITIVE: Journal of Education
Vol. 2 No. 1 (2023): Transformative Education and Learning

Peran Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013

Ramadhani, Astri (Unknown)
St.Nurul Mutmainna (Unknown)
Mirnawati (Unknown)
Irmayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, observasi serta dokumentasi sebagai metodenya. Data sekunder adalah informasi yang telah dikumpulkan dan diperiksa dari berbagai sumber termasuk laporan penelitian, buku, jurnal, situs web, dan bahan terkait lainnya serta memperhatikan secara akurat tentang data mengenai etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Tiga tahapan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah organise, sintesis, dan identifikasi. (1) Etnomatematika membantu pelestarian dan kelanjutan tradisi budaya dalam pendidikan matematika, menurut temuan penelitian. (2) Karena etnomatematika terkait dengan gagasan matematika dalam masyarakat, etnomatematika dapat diajarkan bersama matematika tradisional. (3) Karena memungkinkan pengalaman siswa sebagai anggota masyarakat budaya memiliki makna kontekstual, etnomatematika dalam pembelajaran matematika berbasis budaya akan menjadi pendekatan pembelajaran yang menarik, menghibur, dan baru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

i

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

COMPETITIVE: Journal of Education is a peer-reviewed journal published by Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu. The journal is aimed at spreading the research results conducted by academicians, educators, researchers, administrators at academic institutions, and practitioners in the ...