COMPETITIVE: Journal of Education
Vol. 2 No. 1 (2023): Transformative Education and Learning

Kendala-Kendala Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika Di Tingkat Sekolah Menengah Atas

Rahmah, Nuraziza (Unknown)
Triana, Suci (Unknown)
Irmayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2023

Abstract

Kurikulum adalah ujung tombak bagi terlaksananya kegiatan pendidikan. Tanpa adanya kurikulum mustahil pendidikan akan dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien sesuai yang diharapkan. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum pengganti dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 yang bertujuan agar pendidikan Indonesia dapat menghasilkan manusia yang produktif, kreatif, inovatif melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dialami guru dalam pengimplementasian kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (literature review) yaitu dengan cara mengumpulkan sumber bacaan yang berasar dari jurnal, skripsi dan buku yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengimplementasian kurikulum 2013 terkhusus di tingkat sekolah menengah atas masih mengalami kendala-kendala, mulai dari tahap perencanaan yang memuat pengembangan silabus dan penyususnan RPP; tahap pelaksaan, kesulitan guru menyesuaikan RPP dengan pengimplemetasiannya di dalam kelas, dimana guru masih mendominasikan metode ceramah yang seharusnya siswa yang lebih aktif dalam kelas serta sebagian guru masih belum bisa menggunakan alat peraga di kelas secara maksimal untuk mendukung pembelajaran matematika yang menyenangkan; dan pada tahap penilaian belum semua guru menggunakan acuan kriteria yang sudah disusunnya dalam RPP.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

i

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

COMPETITIVE: Journal of Education is a peer-reviewed journal published by Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu. The journal is aimed at spreading the research results conducted by academicians, educators, researchers, administrators at academic institutions, and practitioners in the ...