Thematic-Explorative-Democratic Learning (TED-L) merupakan strategi pembelajaran yang menekankan pada kegiatan belajar mental-personalitas secara utuh dalam mengeksplorasi objek dan informasi untuk merekonstruksi pengalaman empiris individu maupun kelompok. Dalam merekonstruksi pengalaman empiris pada pembelajaran TED, mahasiswa diarahkan untuk mampu merepresentasikan pengalaman dalam bentuk verbal, visual, dan matematis khususnya pada pembelajaran fisika. Dalam pembelajaran fisika dengan strategi pembelajaran TED pada Matakuliah Fisika Lingkungan diperlukan suatu bahan ajar yang memuat petunjuk-petunjuk yang dapat membantu mahasiswa untuk merepresentasikan pengalaman yang diamati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan bahan ajar TED. Proses pengembangan bahan ajar ini menggunakan model 4D jenis penelitian R&D. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Fisika Fakultas Matematika, IPA, dan Kebumian Universitas Negeri Manado terhadap 25 mahasiswa. Hasil penelitian dilihat dari dua aspek yaitu aspek kelayakan dan kepraktisan bahan ajar yang telah dikembangkan. Hasil kelayakan diperoleh melalui penilaian tim ahli media dan materi dimana hasil skor penilaian media sebesar 80,55 dan skor penilaian materi sebesar 93,75 dan untuk data praktikalitas diperoleh menggunakan angket respon siswa dimana 87% siswa menyatakan sangat setuju terhadap penggunaan bahan ajar. Kesimpulan menyatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024