Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik halus pada Anak Usia Dini di TK Negeri Sangia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini termaksud penelitian lapangan (field research) yakni penelitian berlangsung dilapangan dalam hal ini dilakukan di TK Negeri Sangia Kec. Sape. Sumber Data dan Teknik Pengumpulan Data. Sumber data dapat ditinjau dari dua macam yaitu data primer dan data sekunder. Data Primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari tempat penelitian, yaitu di sekolah TK Negeri Sangia Kec. Sape melakukan wawancara dengan, guru-guru, dan Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari bahan dokumentasi berupa laporan-laporan kegiatan yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik yaitu sebagai berikut: Observasi, Wawancara (interview), dan Dokumentasi. Instrument Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Pedoman observasi, Pedoman wawancara, dan Pedoman dokumentasi. Pengujian Kredibilitas Data untuk memperoleh keabsahan data yang sudah diperoleh, maka penelitian menggunakan pengujian kredibilitas data menggukanan Member Check (Cek Berulang-Ulang), Cross Check dan Triangulasi data. Hasil dari penelitian ini dapat mengidentifikasi perbaikan spesifik dalam keterampilan motorik halus pada anak dan memberikan rekomendasi untuk mengintegrasikan metode pembelajaran berbasis puzzle ke dalam pendidikan Anak Usia Dini. Penggunaan Puzzle akan berdampak positif pada perkembangan motorik halus anak. Permainan Puzzle juga memiliki pengaruh signifikan dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Sangia. Temuan ini akan memberikan dasar untuk merekomendasikan penggunaan permainan Puzzle sebagai bagian dari metode pembelajaran di pendidikan Anak Usia Dini.
Copyrights © 2024