Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh latihan passing aktif dan pasif terhadap keterampilan dasar passing pada siswi ekstrakurikuler futsal SMPN 4 Bayongbong. Penelitian menggunakan desain eksperimen dengan pre-test dan post-test. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan passing aktif memberikan pengaruh signifikan terhadap keterampilan dasar passing. Nilai rata-rata pre-test sebelum perlakuan adalah 9,1 dan meningkat menjadi 11,4 setelah 16 pertemuan, dengan peningkatan sebesar 2,3. Uji t-Test menunjukkan nilai t-hitung 0,54 > t-tabel 0,258, yang berarti signifikan. Sebaliknya, latihan passing pasif tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Rata-rata pre-test sebesar 8,7 meningkat menjadi 11,4 dengan peningkatan 2,7. Namun, hasil uji t-Test menunjukkan t-hitung 1,114 > t-tabel 4,995, yang berarti tidak signifikan. Kesimpulannya, latihan passing aktif lebih efektif meningkatkan keterampilan dasar passing futsal dibandingkan dengan latihan passing pasif, serta meningkatkan motivasi siswi dalam berlatih
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024