Socius: Social Sciences Research Journal
Vol 2, No 5 (2024): December

Analisis Tracer Study Alumni Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Gorontalo

Malabar, Fahria (Unknown)
Ali, Sri Widyarti (Unknown)
Luwiti, Sri Rumiyatiningsih (Unknown)
Talib, Rasuna (Unknown)
Malabar, Sayama (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Penelitian tracer study ini bertujuan mengevaluasi kesesuaian kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Gorontalo dengan kebutuhan dunia kerja serta mendeskripsikan profil lulusan periode 2021–2024. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner daring yang diisi oleh 76 alumni, mencakup aspek status pekerjaan, relevansi pendidikan, tingkat kepuasan, dan kompetensi lulusan. Hasil menunjukkan bahwa 90,8% alumni telah bekerja, sebagian besar di sektor formal seperti pendidikan dan administrasi, dengan relevansi tinggi antara pendidikan yang diterima dan pekerjaan. Kompetensi utama, seperti bahasa Inggris, komunikasi, dan etika profesional, dinilai baik, sementara literasi digital memerlukan peningkatan. Metode pembelajaran berbasis pengalaman, seperti diskusi kelompok dan kerja lapangan, dianggap paling efektif dalam mempersiapkan lulusan. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk menyempurnakan kurikulum, memperkuat literasi digital, dan membuka peluang karier yang lebih beragam guna meningkatkan daya saing lulusan di pasar kerja lokal, nasional, dan global

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Socius

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial is a multi and interdisciplinary peer-reviewed academic research journal serving the broad social sciences community. The journal welcomes excellent contributions that advance our understanding on a broad range of topics including anthropology, sociology, ...