ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Sampel penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di Kelas X IIS SMA Negeri 17 Halmahera Selatan tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di kelas individu. Penelitian tindakan kelas ini dibagi menjadi dua sesi, masing-masing sesi terdiri dari dua pertemuan dengan empat fase. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil tes pada Siklus 1 dan Siklus 2 dengan menggunakan teknik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-IIS di SMA Negeri 17 Halmahera Selatan pada mata pelajaran ekonomi kelangkaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada aspek emosional terjadi peningkatan sebesar 7,99%, dan pada aspek psikomotorik terjadi peningkatan sebesar 14,51%. Pada aspek kognitif sebesar 12,30%. Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar ABSTRACT This research aims to identify changes in student learning outcomes using the problem-based learning (PBL) model. The sample for this research is classroom action research carried out in Class X IIS of SMA Negeri 17 South Halmahera in the 2021/2022 academic year. This research was conducted in individual classes. This classroom action research was divided into two sessions, each session consisting of two meetings with four phases. Data was collected using the observation method. Data analysis was carried out by comparing test results in Cycle 1 and Cycle 2 using descriptive techniques. Based on the research conducted, it can be concluded that the Problem Based Learning (PBL) method can improve the learning outcomes of class X-IIS students at SMA Negeri 17 South Halmahera on the subject of scarcity economics. Based on the research results, it can be concluded that there are changes in student learning outcomes from cycle I to cycle II. In the emotional aspect there was an increase of 7.99%, and in the psychomotor aspect there was an increase of 14.51%. In the cognitive aspect it is 12.30%. Keywords: problem-based learning model, learning outcomes
Copyrights © 2023