Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 4 No. 2s (2023): Special Isuee

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI KEBAK KRAMAT TAHUN AJARAN 2022/2023

Hasniati, . (Unknown)
Mamentu, Meike (Unknown)
Slat, Ferry (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XC SMA Negeri I Marisa Tahun Ajaran 2022 / 2023 pada mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan 4 kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus pertama dan kedua membahas materi pokok Kegiatan pelaku ekonomi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-C SMA Negeri I Marisa Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 34 siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-C mulai dari pratindakan, siklus I dan siklus II, yaitu 67,65 pada tahap pratindakan meningkat menjadi 75,65 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 80,86 pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X-C SMA Negeri I Marisa. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar ABSTRACT This research aims to improve the learning outcomes of class This type of research is Classroom Action Research (PTK) which is carried out in two cycles with 4 meetings per cycle. Each cycle consists of several stages, namely planning, implementing actions, observing and reflecting. The first and second cycles discuss the main material of economic actors' activities. The subjects in this research were students in class X-C of SMA Negeri I Marisa for the 2022/2023 academic year, consisting of 34 students. The main techniques for collecting data are carried out by means of tests and observations, while supporting techniques use interviews and documentation. The results of the research show that the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model can improve the learning outcomes of class .86 in cycle II. The conclusion of this research is that the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model can improve the Economics learning outcomes of class X-C students at SMA Negeri I Marisa. Keywords: Classroom Action Research, Problem Based Learning (PBL), LearningOutcomes

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...