Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 4 No. 2s (2023): Special Isuee

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) KELAS X SMA NEGERI 1 GEMEH

Andolo, Hibor (Unknown)
Rooroh, Agnes (Unknown)
Sakul, Amelda (Unknown)
Oroh, Silvana (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini merupakan salah satu tugas pada program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Daljab di Universitas Negeri Manado. Setiap guru yang mengikuti program ini harus melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang digunakan untuk melakukan penelitian terhadap permasalahan dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan adanya perubahan proses pembelajaran pada saat ini, dimana pembelajaran dilakukan secara langsung mengakibatkan berbagai permasalahan dalam proses pelaksanaannya. Keterbatasan dalam proses pembelajaran mengakibatkan hasil belajar peserta didik menurun sehingga banyak diantara peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilaksanakan secara Blended Learning (Singkron-Asingkron). Proses penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus yang sebelumnya melakukan tindakan pada tahap pra siklus, setiap siklusnya meliputi 4 tahap yaitu : 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap observasi, 4) tahap refleksi. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian terlihat adanya peningkatan pada hasil belajar peserta didik, ini terlihat dari hasil yang diperoleh peserta didik dari mengerjakan lembar kerja peserta didik. Persentase tingkat keberhasilan peserta didik mencapai nilai di atas atau sesuai dengan capaian pembelajaran pada aspek pengetahuan di Siklus I adalah sebesar 75% dan pada siklus II adalah sebesar 88% dan pada siklus III 90 %, dapat dilihat peningkatan presentasi pada siklus I ke siklus II adalah sebesar 13%. Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar pada aspek keterampilan dapat dilihat dari hasil belajar pra siklus yaitu sebesar 78% dan pada siklus II adalah 100%, terjadi peningkatan sebesar 22% untuk hasil belajar aspek keterampilan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berdasarkan hasil penelitian ternyata dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi Kata kunci: Penggunaan pembelajaran Problem Based learning, Hasil belajar ABSTRACK This research is one of the tasks in the Daljab Professional Teacher Education (PPG) program, Manado State University. Every teacher who takes part in this program is required to carry out Field Experience Practice (PPL) which is used to conduct research on problems in the learning process at school. With the changes in the learning process that are currently occurring, where learning is carried out directly, this has given rise to various problems in the implementation process. Limitations in the learning process result in student learning outcomes decreasing so that many students get grades below the Minimum Completeness Criteria (KKM). This research aims to determine the improvement in student learning outcomes in Economics subjects by using the Problem Based Learning learning model which is applied using Blended Learning (Synchronous-Asynchronous). The research process was carried out in three cycles, previously actions were carried out at the pre-cycle stage, each cycle included 4 stages, namely: 1) planning stage, 2) implementation stage, 3) observation stage, 4) reflection stage. The results obtained from the implementation of the research show an increase in student learning outcomes, this can be seen from the results obtained by students from working on LKS. The percentage of students' success rate in achieving a score above or in accordance with learning achievement in the knowledge aspect in Cycle I was 75%, cycle II was 88%, and cycle III was 90%. It was seen that the presentation increased from cycle I to cycle II by 13%. Meanwhile, the increase in learning outcomes in the skills aspect can be seen from the pre-cycle learning outcomes, namely 78% and in the second cycle it was 100%, there was an increase in learning outcomes in the skills aspect by 22%. Thus it can be concluded that the use of the Problem Based Learning learning model based on research results can actually improve learning outcomes in Economics subjects. Keywords: Use of Problem Based Learning, Learning Outcomes

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...