Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 4 No. 1s (2023): Special Isuee

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 9 DI SMP NEGERI 2 PALU

Indriasari, Levy (Unknown)
Winerungan, Robert (Unknown)
., Slat (Unknown)
Manongko, Allen (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas 9 di SMP Negeri 2 Palu. Dengan materi antar ruang dan pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat, Sub Materi Perdagangan Internasional. Pembelajaran. IPS sendiri ialah salah satu mata pelajaran yang memiliki sifat aplikatif. Oleh karena itu,. Model yang tepat yaitu model Problem Based Learning, Model ini mengkaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini salah satu kelas 9 yang ada di SMP Negeri 2 Palu. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi pokok perdagangan Internasional dengan menggunakan model Problem Based Learning.Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning sudah sesuai prosedur pelaksanaan pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, model pembelajaran, problem based learning, motivasi belajar ABSTRACT This research aims to examine the application of the Problem Based Learning Model to increase student learning motivation in Class 9 Social Sciences subjects at SMP Negeri 2 Palu. With inter-space material and its influence on Community Welfare, International Trade Sub-Material. Learning. Social Sciences itself is a subject that has an applicable nature. Therefore,. The appropriate model is the Problem Based Learning model. This model links learning material with everyday life. This research is classroom action research (PTK). The subject of this research is one of class 9 at SMP Negeri 2 Palu. The treatment given to research subjects was to increase students' learning motivation in social studies subjects with the main material of international trade using the Problem Based Learning model. The findings of this research are as follows: (1) The implementation of learning using the Problem Based Learning model is in accordance with learning implementation procedures. Keywords: Social Studies Learning Outcomes, learning models, problem based learning, learning motivation

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...