Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 5 No. 1s (2024): Special Isuee

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIIB MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT

Kada, Muslim (Unknown)
Kambey, Joseph (Unknown)
Lempas, Jetty D. (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIIB Melalui metode Team Games Tournament di SMP negeri 6 Tolitoli. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XVIIB yang berjumlah 26 orang siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, angket dan dokumenter. Penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIB. Aktivitas belajar siswa meningkat sejak pelaksanaan siklus pertama sampai siklus ketiga. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan motivas belajar siswa kelas XVIIB SMP Negeri 6 Tolitoli pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hal ini tergambar dari keterlaksanaan dari siklus I mencapai rata-rata sebesar 75,00 %, dan siklus II mencapai rata-rata sebesar 92,86 %. Kata Kunci: model pembelajaran Team Games Tournament, motivasi belajar. ABSTRACT The aim of this research is to increase students' learning motivation in the Integrated Social Sciences subject class VIIB through the Team Games Tournament method at SMP Negeri 6 Tolitoli. This research is classroom action research (PTK). The research was carried out in three cycles, with each cycle consisting of planning, implementing actions, observing and reflecting. The research subjects were 26 class XVIIB students. Data sources come from teachers and students. Data collection techniques are interviews, questionnaires and documentaries. This research is about the application of the Team Games Tournament type cooperative learning model which can increase the learning motivation of class VIIB students. Student learning activities increased from the implementation of the first cycle to the third cycle. The research results show that through the application of the Team Games Tournament type cooperative learning model, it can increase the learning motivation of class XVIIB students at SMP Negeri 6 Tolitoli in the Integrated Social Sciences subject. This is illustrated by the implementation of cycle I reaching an average of 75.00%, and cycle II reaching an average of 92.86%. Keywords: Team Games Tournament learning model, learning motivation.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...