Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 5 No. 2 (2024): Desember

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 4 TONDANO

Kakampu, Marni (Unknown)
Rooroh, Agnes (Unknown)
Oroh, Silvana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

ABSTRAK Tujuan daripada Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 4 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan disekolah SMP Negeri 4 Tondano implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran IPS didapati (1) Perencanaan pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar adalah guru menyiapkan modul ajar sebelum melakukan pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar adalah menggunakan kurikulum jalur mandiri berubah dengan menggunakan pembelajaran P5. (3) Strategi yang digunakan dalam pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar adalah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. (4) Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaraan IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar adalah dengan memberikan soal jawab yang mudah dipahami oleh siswa. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, mata pelajaran IPS ABSTRACT The purpose of this study was to determine how the implementation of the Independent Learning Curriculum in Social Studies subjects at SMP Negeri 4 Tondano. This study uses a qualitative research method with a descriptive approach. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that at SMP Negeri 4 Tondano, the implementation of the independent learning curriculum in social studies subjects was found (1) Social studies learning planning using the Independent Learning Curriculum is that teachers prepare teaching modules before conducting learning. (2) The implementation of social studies learning using the Independent Learning Curriculum is using a changed independent path curriculum using P5 learning. (3) The strategy used in social studies learning using the Independent Learning Curriculum is to use differentiated learning. (4) The evaluation used in social studies learning using the Independent Learning Curriculum is to provide questions and answers that are easy for students to understand. Keywords: Implementation of the Independent Curriculum, social studies subjects

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...