Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran paguyuban wali siswa dalam meningkatkan manajemen kolaboratif di MIN 13 Ciamis dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi dari kegiatan paguyuban. Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran paguyuban dalam meningkatkan manajemen berbasis kolaborasi di madrasah ibtidaiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paguyuban berfungsi sebagai jembatan komunikasi yang efektif antara sekolah dan orang tua, yang meningkatkan keterlibatan orang tua dalam berbagai kegiatan sekolah. Keterlibatan aktif orang tua melalui paguyuban tidak hanya memperkuat hubungan antara sekolah dan wali siswa, tetapi juga berkontribusi pada keberhasilan program pendidikan dan pengembangan karakter siswa. Meskipun ada tantangan seperti keterbatasan waktu bagi orang tua dan perbedaan pandangan mengenai kebijakan pendidikan, muncul dampak positif dari kolaborasi ini terhadap kualitas pendidikan di MIN 13 Ciamis. Temuan ini menegaskan pentingnya paguyuban wali siswa sebagai komponen vital dalam manajemen kolaboratif, yang dapat mendorong keberhasilan pendidikan di tingkat dasar dan diharapkan memberikan wawasan bagi pengembangan model kolaborasi yang lebih baik di sekolah sekolah lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024