Edu Geography
Vol. 12 No. 2 (2024): VOL 12 NO 2 (2024)

Literasi Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS

Ferani Mulianingsih (Unknown)
Arif Purnomo (Unknown)
Anang Widhi Nirwansyah (Unknown)
Suharyati, Suharyati (Unknown)
Zuhrian Ivan Arvianto (Unknown)
Aan Probo Wiranto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Literasi mitigasi bencana merupakan keterampilan penting yang perlu dimiliki oleh siswa untuk memahami, mengantisipasi, dan menanggapi bencana alam secara efektif. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis integrasi literasi mitigasi bencana dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat sekolah menengah. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan dan pemahaman terhadap konsep mitigasi bencana dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran interdisipliner yang melibatkan studi kasus lokal, simulasi bencana, serta kolaborasi dengan instansi terkait. Implementasi literasi mitigasi bencana dalam pembelajaran IPS tidak hanya meningkatkan kesadaran siswa terhadap risiko bencana, tetapi juga memperkuat keterampilan berpikir kritis dan responsif dalam situasi darurat. Artikel ini menyarankan pengembangan kurikulum yang lebih terstruktur dan berbasis pada kondisi geografis lokal sebagai upaya untuk memperkuat literasi mitigasi bencana di kalangan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Edu Geography Journal [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346 ]is a Peer Reviewer Journal published by the Department of Geography, Faculty of Social Sciences, Semarang State University. Each year consists of 3 editions in April, August and November. This journal publishes 10 articles. Edu Geography ...