Sulawesi Tenggara Educational Journal
Vol 4 No 1: April (2024)

Pengaruh Ajaran Taman Siswa Pada Hasil Belajar Kelas 3 Mata Pelajaran PPKN di SD N 01 Joton

Setiawan, Dian (Unknown)
Asmayanti, Jati (Unknown)
Megawati, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mempelajari ajaran tamansiswa terhadap pembelajaran PPKn . pembelajaran ini bisa dilakukan menggunakan ajaran tamansiswa seperti ajaran Tri nga dan Tri Kepempiminan untuk meningkatkan hasil belajar PPKN. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengukur kemampuan siswa pada pembelajaran PPKn melalui ajaran tamansiswa. Analisis data yang digunakan adalah kuaitatif dengan metode observasi. hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa para pendidik mempunyai kreativitas untuk membantu peserta didik melalui ajaran tamansiswa agar pembelajaran PPKn dapat dipahami dan di mengerti oleh peserta didik. Hal ini juga berpedoman pada ajaran Ki Hajar Dewantara melalui sistem among, Tri Nga dan Trilogi Kepemimpinan yang dapat diajarkan guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar disekolah yang dapat di mengerti oleh peserta didik untuk dilaksanakan di sekolah maupun di lingkungan masyarakat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seduj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sultra Educational Journal (Seduj) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Tenggara. Seduj terbit tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Seduj menjadi sarana publikasi bagi para akademisi, peneliti, dan ...