Sulawesi Tenggara Educational Journal
Vol 4 No 3: Desember (2024)

Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Syamsiah, Syamsiah (Unknown)
Subawo, Made (Unknown)
Hidayati, Ully (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) (2) kemampuan berpikir kreatif matematis yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung (3) keefetivan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) daripada model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII-3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Kelas eksperimen menerapkan model pembalajran MMP dan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran langsung. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan dianalisis menggunakan uji t-Separated Varians untuk membandingkan kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung > t table (6,24 > 1,706) maha H0 ditolak. Sehingga model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa daripada model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seduj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sultra Educational Journal (Seduj) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Tenggara. Seduj terbit tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Seduj menjadi sarana publikasi bagi para akademisi, peneliti, dan ...