Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) (2) kemampuan berpikir kreatif matematis yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung (3) keefetivan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) daripada model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII-3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Kelas eksperimen menerapkan model pembalajran MMP dan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran langsung. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan dianalisis menggunakan uji t-Separated Varians untuk membandingkan kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung > t table (6,24 > 1,706) maha H0 ditolak. Sehingga model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa daripada model pembelajaran langsung.
Copyrights © 2024