Jurnal Pendidikan Siber Nusantara
Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (Juli - September 2024)

Pengaruh Keterampilan Interpersonal, Problem Solving dan Resiliansi Terhadap Kesiapan Kerja (Mahasiswa Gen Z yang Mengikuti Kegiatan ORMAWA di Universitas Dian Nusantara)

Faisal, Muhamad (Unknown)
Desty Febrian, Wenny (Unknown)
Herawaty Purnama, Yanthy (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh keterampilan interpersonal, problem solving, dan resiliensi terhadap kesiapan kerja mahasiswa Gen Z yang aktif dalam organisasi mahasiswa di Universitas Dian Nusantara. Desain/Metodologi/Pendekatan: Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode sampel jenuh pada 99 mahasiswa aktif di ORMAWA. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner online. Analisis mencakup uji validitas, reliabilitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, regresi berganda, serta uji T dan model. Temuan: Keterampilan interpersonal dan resiliensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, dengan nilai t-hitung masing-masing 4,189 dan 2,725 serta nilai signifikansi 0,000. Sebaliknya, problem solving tidak berpengaruh signifikan dengan nilai t-hitung 1,060 dan signifikansi 0,292. Koefisien determinasi (R²) menunjukkan 50,6% variasi kesiapan kerja dapat dijelaskan oleh variabel-variabel ini. Implikasi: Keterampilan interpersonal dan resiliensi harus lebih diperhatikan dalam pengembangan program organisasi mahasiswa untuk meningkatkan kesiapan kerja. Orisinalitas/Nilai: Penelitian ini mengungkapkan pentingnya keterampilan interpersonal dan resiliensi dalam kesiapan kerja mahasiswa Gen Z, memberikan panduan baru untuk program pelatihan dan pengembangan di lingkungan akademis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPSN

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (JPSN) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...