Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh keterampilan interpersonal, problem solving, dan resiliensi terhadap kesiapan kerja mahasiswa Gen Z yang aktif dalam organisasi mahasiswa di Universitas Dian Nusantara. Desain/Metodologi/Pendekatan: Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode sampel jenuh pada 99 mahasiswa aktif di ORMAWA. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner online. Analisis mencakup uji validitas, reliabilitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, regresi berganda, serta uji T dan model. Temuan: Keterampilan interpersonal dan resiliensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, dengan nilai t-hitung masing-masing 4,189 dan 2,725 serta nilai signifikansi 0,000. Sebaliknya, problem solving tidak berpengaruh signifikan dengan nilai t-hitung 1,060 dan signifikansi 0,292. Koefisien determinasi (R²) menunjukkan 50,6% variasi kesiapan kerja dapat dijelaskan oleh variabel-variabel ini. Implikasi: Keterampilan interpersonal dan resiliensi harus lebih diperhatikan dalam pengembangan program organisasi mahasiswa untuk meningkatkan kesiapan kerja. Orisinalitas/Nilai: Penelitian ini mengungkapkan pentingnya keterampilan interpersonal dan resiliensi dalam kesiapan kerja mahasiswa Gen Z, memberikan panduan baru untuk program pelatihan dan pengembangan di lingkungan akademis.
Copyrights © 2024