Masalah dalam penelitian ini, apakah penerapan media Kartu Cerita (KARI) dapat meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik kelas III di SDN 30 Kota selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa berdasarkan data observasi awal yang dilakukan pada 18 peserta didik kelas III yang hadir, diketahui terdapat 2 orang peserta didik (11%) yang mampu berbicara, data yang diperoleh pada peningkatan kemampuan berbicara peserta didik menggunakan media Kartu Cerita (KARI), sedangkan hasil pengamatan pada siklus I pertemuan pertama kemampuan berbicara meningkat menjadi 2 orang peserta didik atau 4 peserta didik dengan presentase (22%) yang mampu, sedangkan 14 peserta didik dengan presentase (78%) kurang mampu atau tidak mampu. Pada siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 7 orang peserta didik yang mampu dengan presentase (39%), sedangkan 11 peserta didik dengan presentase (61%) kurang mampu atau tidak mampu. Pada siklus II Kata pertemuan pertama kemampuan berbicara menjadi 11 orang peserta didik dengan presentase (61%) yang mampu, sedangkan 7 orang peserta didik dengan presentase (39%) kurang mampu. Pada siklus II pertemuan kedua mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 15 peserta didik dengan presentase (83%) yang mampu, sedangkan 3 peserta didik dengan presentase (17%) kurang mampu. Dengan demikian penerapan media Kartu Cerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik kelas III di SDN 30 Kota Selatan.
Copyrights © 2024