Science and Physics Education Journal (SPEJ)
Vol 8 No 1 (2024): SPEJ (Science and Physic Education Journal)

Penerapan Pendekatan Saıntıfık terhadap Sıkap Ilmıah Sıswa Kelas X SMA Muhammadıyah 1 Lubuklınggau

Arini, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan sikap ilmiah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Lubuklinggau setelah penerapan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu (quasi-eksperimen), dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara awal dan observasi. Hasil analisis observasi menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama, skor rata-rata mencapai 75,4, sedangkan pada pertemuan terakhir meningkat menjadi 88,7. Secara keseluruhan, perhitungan N-Gain sikap ilmiah menunjukkan skor sebesar 0,78, yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik secara signifikan meningkatkan sikap ilmiah siswa.

Copyrights © 2024