Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 13 No. 2 (2024): JPTE Periode Agustus 2024

Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Berbantuan Alat Trainer Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Siswa Kelas XI TKL-2 SMK Negeri 3 Singaraja

I Gede Arya Sutarja Kajeng (Unknown)
I Gede Ratnaya (Unknown)
Wayan Mahardika Prasetya Wiratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Penelitan bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Berbantuan Alat Trainer, menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian menggunakan Model Kemmis dan Taggart terdiri dua siklus, setiap siklus dilaksankan empat kali pertemuan. Subjek Penelitian 35 peserta didik kelas XI TKL-2 SMK Negeri 3 Singaraja dan. Objek Penelitian yaitu Penerapan Model PjBL Berbantuan Alat Trainer. Metode pengumpulan data menggunakan tes Essay, Observasi aktivitas peserta didik, dan guru, serta dokumentasi. Teknik Analisis dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif yaitu presentase hasil kinerja guru dan kuantitatif adalah nilai ketuntasan belajar individual, rata-rata dan presentase hasil belajar. Hasil Siklus I sebesar 77,14% dan Siklus II adalah 94,29%, siklus I berada pada kategori kurang, yaitu 31 dinyatakan tuntas sedangkan pada siklus II terdapat33 dinyatakan tuntas. Sehingga penerapan model pembelajaran PBjL berbantuan alat trainer dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian kelas XI TKL-2 di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024