Fatih: Journal of Contemporary Research
Vol. 1 No. 2 (2024): July-December

Peran Pendidikan Al-Qur’an dalam Kurikulum PAI untuk Membentuk Generasi Qur’ani

Juliani (Unknown)
Alipna Wulandari (Unknown)
Dina Novianti (Unknown)
Ike Septi Mulyaningsih (Unknown)
Rama Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Pendidikan Al-Qur'an memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kepribadian generasi muda yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan Al-Qur'an dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk membentuk generasi Qur'ani yang memiliki akhlak mulia, keimanan kokoh, dan kecerdasan spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, mengintegrasikan data dari studi literatur, dokumen kurikulum, dan wawancara dengan guru PAI. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pendidikan Al-Qur'an memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Qur'ani oleh siswa. Artikel ini juga menawarkan strategi penguatan pendidikan Al-Qur'an melalui pendekatan holistik yang melibatkan semua pihak terkait. Rekomendasi mencakup penyediaan pelatihan guru, pengembangan modul berbasis teknologi, dan sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fatih

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Fatih Journal of Contemporary Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...