cover
Contact Name
Noni Putri
Contact Email
fatihjournal1@gmail.com
Phone
+6282363776686
Journal Mail Official
fatihjournal1@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan atau Pasar XII Gg. Sayang No. 12 Dusun II Bandar Setia Village, Percut Sei Tuan District, Deli Serdang Regency, North Sumatra 20371
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Fatih: Journal of Contemporary Research
Published by Yayasan Zia Salsabila
ISSN : -     EISSN : 30643821     DOI : -
The focus and scope of Fatih Journal of Contemporary Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in our journal, whose articles focus on Education Dawah and Communication Philosophy and Ushuluddin Law Economics and Banking Management and Administration Social and Culture Science and Technology Nursing, Midwifery, Medicine, Pharmacy and Public Health Agriculture, Plantation, Fisheries and Animal Husbandry Language, Arts and Literature
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 56 Documents
Hakikat Sejarah: Dimensional Waktu dan Pembentukan Kebudayaan Tias; Hadija; Abdul Salim
Fatih: Journal of Contemporary Research Vol. 1 No. 1 (2024): January-June
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beragam riset terdahulu mengungkap makna sejarah dalam berbagai aspek, mulai dari ibrah atau hikmah, hingga metode penulisan sejarah. Akan tetapi, penelitian yang mengkaji pembentukan kebudayaan berbasis dimensional waktu belum ditelaah secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek ontologis sejarah melalui kajian dimensional waktu dan pembentukan kebudayaan. Ulasan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research, dengan menjadikan artikel ilmiah, buku, prosiding dan publikasi ilmiah kredibel sebagai kajian literatur dan referensi penelitian. Hasil penelitian ini menemukan bahwa sejarah berkaitan erat dengan tridimensional waktu, yakni masa lampau, masa kini dan masa depan, serta sarat dengan hikmah atau ibrah bagi pembaca sejarah. Tridimensional waktu membentuk kebudayaan yang diyakini dan dilestarikan secara turun-menurun sebagai claimant dan menciptakan peradaban di tengah komunitas masyarakat. Dengan demikian, disimpulkan bahwa kebudayaan itu hanya dimiliki oleh masyarakat manusia yang tidak diturunkan secara biologis, tetapi diperoleh melalui proses belajar. Kebudayaan didapat, didukung, dan diteruskan oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan juga merupakan pernyataan atau perwujudan dari kehendak, perasaan, dan pikiran manusia.
Penerapan Strategi Teams Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Lutfi Aulia; Wahyu Iskandar; Fia Alifah Putri
Fatih: Journal of Contemporary Research Vol. 1 No. 1 (2024): January-June
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Variasi kajian tentang strategi pembelajaran telah dianalisis oleh para peneliti terdahulu, namun kajian mendalam tentang strategi teams games tournament pada pembelajaran IPS memiliki gap analysis, mulai dari aspek lokus hingga fokus telaah berbasis action research. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan strategi Teams Games Tournament (TGT), pada pembelajaran IPS dengan tema “Perjuangan Kemerdekaan”. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas V SD Negeri 106220 Pematang Cermai Tahun Ajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini memperoleh nilai rata-rata kelas siswa sebelum penerapan metode TGT sebesar 60 dan dinyatakan masih belum tuntas belajar karena belum memenuhi nilai KKM yakni 70. Namun pada saat sesudah penerapan metode TGT diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 90 ke atas pada tahap ini nilai siswa sudah melewati KKM yakni 70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 106220 Pematang Cermai Tahun Ajaran 2023/2024.
Strategi Science, Environment, Technology and Society (SETS): Penghayatan Pentingnya Pelestarian Lingkungan pada Anak Usia Dasar Hardiansyah; Pipi Andriani; Sriyanti
Fatih: Journal of Contemporary Research Vol. 1 No. 1 (2024): January-June
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi SETS (Science, Environment, Technology, Society) merupakan strategi pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran bahwa sains, teknologi, masyarakat dan lingkungan hidup saling berkaitan antara satu dengan yang lain dan sangat berdampak satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih holistik dan terintegrasi melalui strategi SETS terhadap materi pencemaran lingkungan pada siswa Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi strategi SETS dalam materi pencemaran lingkungan sangat efektif untuk dilakukan karena dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa Sekolah Dasar (SD) terkait fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar, (2) melatih peserta didik untuk peka terkait permasalahan yang sedang berkembang di lingkungan kehidupan, dan (3) Peserta didik akan mampu mengaplikasikan teknologi sebagai solusi dari permasalahan dalam lingkungan kehidupan.
Strategi Scramble: Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran IPA Dinah Nadhifah; Nurzakiah Simangunsong; Namiroh Lubis
Fatih: Journal of Contemporary Research Vol. 1 No. 1 (2024): January-June
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi pembelajaran scramble adalah salah satu strategi pembelajaran yang menuntut siswa untuk lebih aktif, siswa belajar dengan menyenangkan karena kegiatan dilakukan secara berkelompok. Siswa juga diajarkan untuk dapat bekerja sama dengan teman-temannya. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran scramble pada mata pelajaran IPA, dampak dari penerapan strategi pembelajaran scramble pada siswa, serta faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran scramble. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan informasi terkait subjek penelitian serta gejala dan aktivitas yang terjadi di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa penerapan strategi pembelajaran scramble pada siswa usia sekolah dasar memiliki dampak yaitu, (1) siswa tertarik dan senang mengikuti pelajaran, (2) siswa belajar untuk bekerja sama dengan temannya, (3) siswa dapat berpikir cermat dan cepat sehingga dapat menyelesaikan soal dengan mudah. Kemudian faktor pendukung pembelajaran scramble yaitu, guru motivasi kepada peserta didik diawal pembelajaran, guru membagi kelompok secara heterogen, dan memberikan pemahaman kepada siswa tentang tujuan pembagian kelompok. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, terbatasnya pemahaman guru terhadap peserta didik, penggunaan strategi yang monoton, dan kemampuan peserta didik yang rendah.
Pembelajaran IPS Bagi Anak Usia Dasar: Urgensitas dan Implikasinya Lira Firna; Saiful Ahmad; Juliati Lik Bansi
Fatih: Journal of Contemporary Research Vol. 1 No. 1 (2024): January-June
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beragam riset terdahulu telah mengulas tuntas kajian pembelajaran IPS dari berbagai sudut pandang keilmuan. Begitupun, tingkat urgensitas kajian dan implikasinya bagi anak usia dasar perlu diperdalam guna menghasilkan konsep pengajaran tepat guna dan tepat sasaran bagi anak. Penelitian ini bertujuan menjawab hal tersebut, yakni dengan menganalisis pembelajaran IPS bagi anak usia dasar tinjauan aspek urgensitas dan implikasinya. Adapun jenis penelitian ini termasuk riset kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Di mana, peneliti berupaya mengumpulkan dan menganalisis berbagai kajian literatur relevan bersumber dari buku, prosiding, artikel ilmiah dan tugas akhir siswa. Dengan hasil berupa bentuk urgensi pada pembelajaran IPS pada anak usia dasar, yaitu banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPS, karena cakupan materinya amat luas. Kemudian dengan adanya arus globalisasi, berbagai budaya dari berbagai negara masuk dan berpengaruh pada budaya bangsa.
Identitas Nasional: Peneguhan Jati Diri Bangsa di Tengah Globalisasi Bagi Pelajar Muhammad Idris Maas Zaid; Wulan Ramadani; Al Hikma; Firda Lestari
Fatih: Journal of Contemporary Research Vol. 1 No. 2 (2024): July-December
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Identitas nasional sangat penting untuk membangun dan mempertahankan kebangsaan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana identitas nasional Indonesia dibentuk, masalah yang dihadapinya, dan upaya untuk memperkuatnya di era globalisasi. Metode yang digunakan adalah penelitian literatur yang melibatkan pemeriksaan dua puluh jurnal nasional yang relevan. Studi menunjukkan bahwa, dengan Pancasila sebagai landasan ideologis, pembentukan identitas nasional Indonesia adalah proses dinamis yang melibatkan elemen historis, kultural, dan politis. Globalisasi, multikulturalisme, dan konflik identitas lokal adalah masalah utama. Pendidikan karakter, pelestarian budaya nusantara, dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat membantu memperkuat identitas nasional.
Negara dan Konstitusi: Pembatasan Kekuasaan, Nilai Demokrasi, Penjaminan Hak Asasi Manusia Febriani; Rani Mushawwirah; Mellisa Sulistiowati
Fatih: Journal of Contemporary Research Vol. 1 No. 2 (2024): July-December
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Negara adalah entitas politik dengan pemerintahan, wilayah, dan penduduk yang berdaulat. Dalam situasi ini, konstitusi berfungsi sebagai undang-undang dasar yang mengatur organisasi, fungsi, dan kewenangan pemerintah serta hak-hak warga negara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan negara dan konstitusi dalam tinjauan aspek pembatasan kekuasaan, nilai demokrasi, dan penjaminan hak asasi manusia. Untuk mengulas itu, maka digunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa konstitusi membagi kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif dan membuat struktur pemerintahan. Konstitusi negara juga mencerminkan nilai-nilai nasional seperti demokrasi, keadilan, dan hak asasi manusia. Jadi, konstitusi sangat penting untuk menjaga stabilitas dan legitimasi negara dan melindungi hak dan kepentingan setiap orang. Konstitusi setiap negara dapat berbeda, mencerminkan sejarah, budaya, dan aspirasi warganya. Konstitusi sering kali dibuat dan diubah melalui banyak diskusi dan partisipasi publik, yang membuatnya tetap hidup dan relevan.
Perkembangan Pendidikan Islam pada Masa Khulafaurrasyidin Muhammad Azwar; Ni’matuz Zuhrah; Tri Auliana; Gladis Sesar Mariddin; Sofia
Fatih: Journal of Contemporary Research Vol. 1 No. 2 (2024): July-December
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Al-Qur'an dan As Sunnah adalah sumber pendidikan Islam untuk umat Muslim. Artikel ini membahas bagaimana pendidikan Islam berubah dan berkembang setelah meninggalnya Nabi Muhammad saw., terutama bagaimana pendidikan Islam berkembang pada masa Khulafaur Rasyidin. Diuraikan bagaimana sistem pendidikan digunakan untuk setiap khalifah dan berbagai situasi yang melatarbelakangi sistem tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pendidikan di masa Khalifah Abu Bakar r.a. hampir sama dengan metode yang digunakan Nabi Muhammad saw. Selama pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan, Islam berkembang dengan cepat. Namun demikian, terjadi beberapa perubahan penting, terutama dalam hal kebijakan dan pendekatan pendidikan yang digunakan. Sedangkan periode Ali bin Abi Thalib pendidikan tidak mengalami perkembangan karena pada masa ini terjadi pemberontakan dan peperangan.
Sejarah Daulah Umayyah I di Syiria Moh. Restu Hoeruman; Nur Lisa; Zahwa Syuhadani; Sitti Hajar Wangi; Nur Afni Safira
Fatih: Journal of Contemporary Research Vol. 1 No. 2 (2024): July-December
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Daulah Umayyah di Syiria adalah periode yang sangat penting dalam sejarah Islam. Ekspansi wilayah yang luas, kemajuan ilmu pengetahuan, dan pembangunan infrastruktur yang megah adalah tanda masa kejayaannya. Tetapi dinasti ini runtuh karena banyak hal internal dan eksternal. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang sejarah Islam dan bagaimana ia berkembang di era teknologi yang semakin berkembang. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan atau literatur dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan informasi, mereka membaca, menganalisis, dan menyintesis berbagai literatur, khususnya jurnal. Studi ini menemukan dua hasil: pertumbuhan dan perkembangan peradaban Bani Umayyah dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, dan pembagian kekuasaan selama pemerintahan Bani Umayyah.
Pancasila Sebagai Filsafat: Tinjauan Analisis Pemahaman dan Sikap Mahasiswa Cindy Astarita; Sri Helfina; Mirwan; Filki Umaternate; Muhammad Shaleh Assingkily
Fatih: Journal of Contemporary Research Vol. 1 No. 2 (2024): July-December
Publisher : Yayasan Zia Salsabila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan memuat lima sila, Pancasila telah menjadi dasar pandangan hidup rakyat Indonesia. Sila-sila ini berfungsi sebagai jati diri bangsa Indonesia. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa memahami Pancasila sebagai filsafat kehidupan, serta bagaimana mereka melihatnya sebagai filsafat. Studi ini akan melibatkan 14 mahasiswa sebagai responden, yang akan ditanyai tentang pandangan dan pemahaman mereka tentang Pancasila. Metodologi berbasis survei dengan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data secara efektif dalam waktu yang singkat. Proses survei dilakukan dengan menggunakan Google Forms dan aplikasi WhatsApp Messenger untuk menyebarkan kuesioner digital. Sasaran penelitian ini adalah mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kendari, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, kelas B, semester 3 Prodi PGMI. Selain itu, jelas bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menganggap Pancasila penting untuk keberlangsungan hidup. Namun, penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa tentang sejarah pembentukan Pancasila masih kurang.