Fatih: Journal of Contemporary Research
Vol. 1 No. 2 (2024): July-December

Pembelajaran PAI Berbasis Kompetensi Sosial untuk Meningkatkan Empati Siswa

Alzaiti Bilbina (Unknown)
Juliani (Unknown)
Arwina Nadila (Unknown)
Nadita Febriayu (Unknown)
Ulfa Yus Alfalisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis kompetensi sosial memiliki potensi besar dalam membentuk karakter siswa yang peduli dan berempati. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran PAI yang terfokus pada pengembangan kompetensi sosial guna meningkatkan empati siswa. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen di sekolah menengah pertama di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis kompetensi sosial menciptakan suasana belajar yang inklusif, meningkatkan kesadaran siswa terhadap nilai-nilai kemanusiaan, serta mendorong keterlibatan aktif dalam kegiatan sosial. Penerapan metode seperti simulasi, proyek sosial, dan refleksi nilai memberikan dampak positif terhadap pengembangan empati siswa. Namun, beberapa kendala seperti kurangnya pelatihan guru dan waktu pembelajaran yang terbatas perlu diatasi untuk mengoptimalkan pendekatan ini. Kesimpulannya, pembelajaran PAI berbasis kompetensi sosial efektif dalam membentuk siswa yang berempati dan bertanggung jawab sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fatih

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Fatih Journal of Contemporary Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...