Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman
Vol. 10 No. 2 (2024): Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman

Optimalisasi Motivasi Belajar PAI melalui Penerapan Aplikasi Pembelajaran berbasis Kahoot!

Ihsani , Mustofa Haris (Unknown)
Nuryadien, Mahbub (Unknown)
Saidah, Zahrotus (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2024

Abstract

Peserta didik generasi digital tumbuh dengan teknologi sebagai bagian integral dari kehidupan sehari-hari, Mereka memiliki gaya belajar yang sangat berbeda dari generasi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tantangan pendidik di dalam memenuhi perubahan karakteristik belajar peserta didik di era digital dengan menggambarkan proses pengembangan aplikasi pembelajaran Kahoot! dan penerapannya pada pembelajaran PAI, sehingga dapat mengoptimalkan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode campuran sekunsial. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk analisis data kuantitatif menggunakan Uji Normalitas dan Uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini berupa pengembangan aplikasi Kahoot! dan strateginya implementasinya dalam pembelajaran, serta menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah aplikasi ini diterapkan. Rekomendasi penelitian ini ditujukan sebagai rujukan pengembangan aplikasi pembelajaran PAI dan untuk memberikan variasi suasana belajar menarik bagi siswa sehingga menumbuhkan minat belajar dan motivasi belajar yang tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

WI

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman (Print ISSN 2599-2929; Online 2614-1124) has been published by the Sekolah Tinggi Agama Islam Syubbanul Wathon Magelang. Wahana Islamika is published twice a year in April and October; the contents are scientific writings of Islamic studies in economics, ...