BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP RANGKAIAN SERI DAN PARALEL MELALUI PRAKTIKUM SEDERHANA

Zefania Desi (Unknown)
Vira Amalia Choirunni’mah (Unknown)
Muh Suni Robi Salman Alfarisi (Unknown)
Ratna Indah Kartikasari (Unknown)
Vina Dewi Ambarwati (Unknown)
Yuni Ratnasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Rangkaian seri dan rangkaian paralel adalah dua jenis konfigurasi atau susunan komponen dalam rangkaian listrik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan teknik praktik sederhana dalam mengajarkan konsep rangkaian seri dan paralel kepada siswa. Metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan proses praktikum dari perencanaan hingga evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi selama praktikum yang melibatkan mahasiswa sebagai subjek penelitian. Praktikum melibatkan pembuatan rangkaian seri dan paralel dengan variasi jumlah lampu, baterai, dan penggunaan sakelar. Hasil tayangan menunjukkan perbedaan kecerahan lampu tergantung pada jumlah baterai yang digunakan dan penggunaan sakelar untuk mengontrol nyala lampu. Dalam rangkaian seri, lampu penghalang yang lebih besar menerima tegangan lebih besar dan lebih terang dibandingkan lampu penghalang yang lebih kecil. Dalam rangkaian paralel, semua lampu menerima tegangan yang sama, tetapi kecerahan tergantung pada kuat arus yang mengalir melalui masing-masing lampu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...