BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 JATI AGUNG

Erni, Erni (Unknown)
Kurniawan, Agung (Unknown)
Perdana, Dayu Rika (Unknown)
Oktaria, Sheren Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat kemampuan kognitif peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Jati Agung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL berbantuan media video animasi terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas V SD. Metode penelitian ini adalah quasi experimental group design dengan bentuk yang digunakan nonequivalent control group design. Populasi berjumlah 40 orang dan sampel yang digunakan yaitu 40 peserta didik kelas VA dan VB. Sampel ditentukan dengan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh dan perbedaan dari model PBL berbantuan media video animasi terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas V SD Negeri 1 Jati Agung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...