BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

ANALISIS KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA SMP PADA MATERI EKOSISTEM

Rosidah, Dwi Musta'inatur (Unknown)
Sabtiawan, Wahyu Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan HOTS siswa SMP pada materi ekosistem. Analisis kemampuan HOTS dalam penelitian ini dengan menggunakan indikator yang didasarkan pada revisi Taksonomi Bloom oleh Anderson & Krathwohl yang meliputi indikator menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah satu kelas siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukodono. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes kemampuan HOTS, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes berbasis HOTS pilihan ganda, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perhitungan rata-rata kemampuan HOTS. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan HOTS siswa sebesar 60% dalam kategori baik. Adapun pada indikator menganalisis (C4) dengan persentase rata-rata tertinggi yaitu 75%, kategori baik diikuti indikator mengevaluasi (C5) sebesar 65% kategori baik, dan yang terakhir indikator mencipta (C6) sebesar 45% kategori cukup.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...