BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

PENERAPAN ASSESSMENT PORTOFOLIO UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOLOGI

Islamiani, Lutfia Rahma Iman (Unknown)
Sabtiawan, Wahyu Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan hasil analisis keterampilan komunikasi dan respon peserta didik pada penggunaan assessment portofolio. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan metode pre-experimental dan dengan desain penelitian one shot case study. Sasaran penelitian ini adalah 26 peserta didik MTs Raden Paku. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian portofolio keterampilan komunikasi disertai dengan lembar self assessment, lembar angket respon peserta didik dan tes hasil belajar kognitif. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan jika assessment portofolio dapat mengukur keterampilan komunikasi peserta didik dengan hasil 65% peserta didik mendapat kategori baik dan 31% peserta didik mendapat kategori sangat baik. Hasil pengukuran tingkat kognitif peserta didik mendapat kategori rata-rata baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa assessment portofolio dapat mengukur keterampilan komunikasi pada materi ekologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...