BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

ANALISIS RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE F SMAN 1 SUNGAI PENUH

Nadila, Ainatul (Unknown)
Fajrina, Suci (Unknown)
Fadilah, Muhyiatul (Unknown)
Rahmi, Fitri Olvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran Biologi memegang peranan penting dalam membentuk pemahaman konsep dasar kehidupan akan tetapi sering dianggap sulit, kurang menarik dan membosankan oleh peserta didik karena materinya sifat abstrak. Untuk mengatasi kesulitan ini digunakan model Problem Based Learning (PBL) yang efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik. Integrasi PBL dengan media pembelajaran seperti video animasi dapat meningkatkan pembelajaran biologi. Analisis respon peserta didik terhadap pembelajaran ini penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, memungkinkan guru untuk menilai dan mengoptimalkan metode pembelajaran guna meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan populasi peserta didik kelas XI SMA N 1 Sungai Penuh, dan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan 154 sampel. Data dikumpulkan melalui angket tertutup sebanyak 22 pertanyaan dan dianalisis dengan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan respon positif terhadap model PBL berbantuan video animasi dengan persentase rata-rata 72,6% pada dimensi kognitif, afektif, dan konatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...