BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 12 MELALUI INTEGRASI AI DAN IoT DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI DIGITAL DI ERA KURIKULUM MERDEKA

Arifin, Anggun Syafira (Unknown)
Al Farizi, Zakaria (Unknown)
Nurfadilah (Unknown)
Karanggulimo, Yohana (Unknown)
Maria, Eko Goran (Unknown)
Akhrajal (Unknown)
Alip, Isma (Unknown)
Fitriani, Nadya (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas integrasi teknologi Artificial Intelligence AI dan IoT dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas 12 pada pembelajaran teknologi digital di era Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan pendekatan PjBL yang diterapkan di tiga sekolah di NTT, yaitu SMA Negeri 1 Wolowaru, SMA Negeri 1 Maumere, dan SMAN Buyasari. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner skala Likert untuk mengukur minat dan motivasi siswa sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi AI dan IoT secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan kepercayaan diri siswa dalam mempelajari materi teknologi digital, dengan SMA Negeri 1 Wolowaru mencatat performa tertinggi di antara ketiga sekolah. Peningkatan ini diindikasikan oleh peningkatan nilai rata-rata pada indikator minat dan motivasi, serta distribusi nilai yang lebih merata pada rentang tinggi. Penelitian ini menawarkan solusi baru dalam pembelajaran berbasis teknologi yang relevan dengan dunia nyata, berbeda dari metode konvensional yang sering kurang menarik bagi siswa. Kesimpulannya, penerapan AI dan IoT dalam pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memperluas cakupan studi dan mengatasi keterbatasan seperti variasi infrastruktur dan pelatihan guru. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan teknologi di Indonesia dan relevansi pembelajaran dengan tantangan di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...