BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

EFEKTIVITAS LKPD MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL SASAK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Handika, Ilham (Unknown)
Sobri, Muhammad (Unknown)
Fauzi, Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Guru dalam proses pembelajaran belum menerapkan LKPD berbasis kearifan lokal masyarakat setempat, terlebih mengaitkan kearifan lokal Sasak. Dengan mengaitkan materi ajar yang disajikan melalui bahan ajar LKPD secara tidak langsung siswa akan mengenali tradisi dan budayanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas LKPD model PBL berbasis kearifan lokal Sasak ditinjau dari kemandirian belajar siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model Quasy Experimental. Tipe eksperimen yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Penggunaan tipe ini karena dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa LKPD model PBL berbasis kearifan lokal sasak efektif ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...