BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

ANALISIS PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA DI TINJAU DARI ASPEK PEMAHAMAN, METODE PEMBELAJARAN DAN SISTEM PENILAIAN

Walidain, Sri Nurul (Unknown)
Fitriyanto, Syarif (Unknown)
Yuwita, Melly (Unknown)
Hartini, Sri (Unknown)
Rahmad, Rahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi peserta didik terhadap pembelajaran fisika, ditinjau dari tiga aspek: pemahaman konsep, metode pengajaran, dan sistem penilaian. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik secara umum mampu memahami pembelajaran fisika sebesar 34,3%, pada aspek pemahaman konsep Namun, peserta didik masih menghadapi tantangan dalam memahami konsep abstrak terutama karena keterbatasan kegiatan eksperimen langsung. Metode pengajaran mendapatkan respons positif sebesar 70% dengan metode paling dominan yang digemari adalah metode pembelajaran kooperatif. Pada aspek sistem penilaian dengan persentase 85% didominasi ujian tertulis dan mengusulkan variasi penilaian, seperti tugas berbasis proyek atau penugasan kreatif, untuk lebih mencerminkan kemampuan mereka. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi pendidik dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan strategi pembelajaran di lingkungan pendidikan serupa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...