Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP)
Vol. 4 No. 2 (2024)

ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM PADA MATERI FISIKA FLUIDA STATIS

Nur Rizka Faridhatul Qhusna (Unknown)
Ridwan Joharmawan (Unknown)
Yayuk Wijayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Hasil observasi pra-penelitian di SMAN 6 Malang, menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik masih tergolong rendah terutama pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganaisis tingkat keaktifan belajar peserta didik SMA dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang terintegrasi STEM pada pembelajaran fisika materi fluida statis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitataif. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan observasi kepada 31 subjek penelitian dari kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 6 Malang dan wawancara kepada 10 peserta didik terkait model pembelajaran yang diterapkan dengan kriteria 5 peserta didik dengan keaktifan tinggi dan 5 peserta didik dengan keaktifan rendah. Analisis data keaktifan belajar dilakukan dengan cara, data keaktifan belajar peserta didik yang telah diperoleh, dinilai menggunakan kriteria skor setiap indikator keaktifan belajar. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan mengguanakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang terintegrasi STEM mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik, dengan jabaran perolehan hasil presentase rata-rata sebesar 77,20 % yang artinya masuk dalam kategori sangat aktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis dan Pendidikan (JEBP) is a scientific journal in the business, economy, and education fields. This journal focuses on theoretical and empirical studies in the field of economy, business, and education. It welcomes research in the areas of economic development, economic ...