Peneliti melakukan observasi di SMPN 14 Malang terkait dengan cara guru mengajar kepada siswa, terutama mata pelajaran informatika. Penulis memperoleh keterangan bahwa guru mengajarkan materi informatika kepada siswa dengan cara sederhana menggunakan metode ceramah satu arah, sehingga pelajaran dianggap menjemukan dan siswa mudah mengalami kebosanan. Salah satu alternative metode pembelajaran ialah memakai teka teki silang (TTS) sebagai penerapan media untuk pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melakukan asesmen terhadap penerapan TTS pada mata pelajaran informatika. hasil dari penelitian diketahui bahwa penggunaan media teka teki silang pada pelajaran informatika mampu memberikan dorongan antusiasme kepada siswa dalam proses belajar mengajar. Siswa lebih menyukai pembelajaran menggunakan metode teka teki sialng dibandingkan dengan metode konvensional, serta sebanyak 70 % siswa lebih faham jika diberikan materi menggunakan metode teka teki silang.
Copyrights © 2024