Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 12, No 2 (2024): Juli - Desember 2024

PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK PESERTA DIDIK KELAS 1

Zuhriah, Amillatuz (Unknown)
Assyifa, Habibah Shofiyah (Unknown)
Chafsoh, Nabila Priyanka (Unknown)
Munawir, Munawir (Unknown)
Chotimah, Khusnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Dalam berkomunikasi diperlukan pengolahan gagasan yang baik untuk disampaikan kepada lawan bicaranya. Tindakan yang dapat dipilih guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik peserta didik dengan pemanfaatan media yang memikat, serta mudah dimengerti oleh peserta didik. Flash card dinilai menjadi salah satu media dengan kriteria tersebut, sehingga dapat memberi rangsangan dalam mengembangkan gagasan/informasi yang ada dalam media tersebut. Jenis metode penelitian adalah pre-experimental dengan desain one group pre-test post-test. Penghimpunan data yang ada meliputi pengamatan atau observasi, dokumentasi, dan tes berupa angket. Setelah itu, analisis data dengan pengujian coba homogenitas, normalitas, serta pengujian hipotesis. Dari hasil analisis penggunaan flashcard ini memperoleh pengaruh yang signifikan atas hasil kecerdasan linguistik dari peserta didik yang ditunjukkan dari rasio nilai pada tahapan pretest serta tahapan posttest didapati jika rerata penilaian tahapan posttest lebih baik daripada penilaian tahapan pretest. Media flash card dalam pembelajaran dapat membantu menaikkan kemampuan linguistik dari peserta didik pada kelas rendah, meliputi pengelolaan kata, penyusunan kalimat, beserta penambahan kosa kata yang dimiliki peserta didik. Dengan demikian, adanya pengaruh pemanfaatan dari media pembelajaran flash card atas kecerdasan linguistik peserta didik di kelas rendah.In communication, it is essential to process good ideas in order to effectively convey them to the person you are speaking to. Teachers can develop students' linguistic intelligence by using media that are engaging and easy for students to understand. Flashcards are considered one such medium, as they meet these criteria and can stimulate the development of ideas and information. This research uses a pre-experimental design with a one-group pre-test post-test approach. Data collection methods include observations, documentation, and tests in the form of questionnaires. The data were then analyzed through homogeneity testing, normality testing, and hypothesis testing. The results of the analysis show that the use of flashcards has a significant impact on students' linguistic intelligence, as evidenced by the improved average scores from the pre-test to the post-test. Flashcard media in learning can enhance students' linguistic abilities in lower grades, including word management, sentence construction, and vocabulary expansion. Therefore, the use of flashcard learning media positively influences the linguistic intelligence of students in these grades.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a journal published by Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung. The journal provides a room for researchers, academists, professionals, practicians, and students to deliver and ...