Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial
Vol. 5 No. 3 (2024): Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial

PENERAPAN TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN INOVASI PRODUK DI SEKTOR BISNIS

Evangeline Cherryl D. (Unknown)
Aqiela Kalistarosa (Unknown)
Rusdi Hidayat N. (Unknown)
Indah Respati Kusumasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori pengambilan keputusan dalam meningkatkan inovasi produk di sektor bisnis. Inovasi menjadi salah satu faktor penting yang menentukan daya saing perusahaan dalam pasar yang dinamis, sementara pengambilan keputusan yang tepat memainkan peran kunci dalam mendukung proses inovasi tersebut. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini, di mana data dikumpulkan melalui studi literatur dari berbagai sumber yang mencakup teori pengambilan keputusan menurut Herbert A. Simon dan teori inovasi oleh Schumpeter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori pengambilan keputusan secara efektif dapat memfasilitasi proses inovasi produk melalui analisis alternatif, pertimbangan rasional, dan evaluasi risiko. Pengambilan keputusan yang didasarkan pada informasi yang akurat dan relevan berperan penting dalam keberhasilan inovasi produk yang mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan memenuhi kebutuhan pasar. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya penerapan teori pengambilan keputusan dalam merancang strategi inovasi yang kompetitif di sektor bisnis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

triwikrama

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial Triwikrama Journal uses a license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, ...