Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 3 (2024): September-December 2024

Dampak Kurang Konsentrasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika

Anggeriani, Ledi Ayu (Unknown)
Ain, Siti Quratul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Penelitian dilaksanakan agar bisa mengetahui apa yang menjadi dampak kurang konsentrasi siswa didalam pembelajaran matematika dikelas IV SDN 138 Pekanbaru. Desain penelitiannya ialah metode kualitatif dengan pendekatan naratif dengan teknik pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data pada peneitian ini terdiri dari satu orang wali kelas IV dan tiga siswa kelas IV. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini ialah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan telaah dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara dan hasil observasi diperoleh hasil penelitian bahwa kurangnya konsentrasi siswa dalam pembelajaran matematika akan memberikan dampak pada siswa. Ada tiga dampak akibat kuran konsentrasi yaitu rendahnya motivasi belajar pada diri siswa, Pasif dalam mengikuti pembelajaran, dan rendahnya kemampuan intelegensi yang dimiliki siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...