Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 18, No. 6 : Al Qalam (November 2024)

Implementasi Kepemimpinan Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Teknologi di Era Digital

Akhyar, Muaddyl (Unknown)
Junaidi, Junaidi (Unknown)
Supriadi, Supriadi (Unknown)
Febriani, Susanda (Unknown)
Gusli, Ramadhoni Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2024

Abstract

Guru PAI sekarang dituntut harus bisa menguasai digital dan mengkombinasikan metode dan media pembelajaran konvensional dengan modern untuk meningkatkan motivasi, pemahaman, dan keterlibatan siswa, serta menciptakan suasana belajar di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak dan banyak siswa mulai malas belajar dan suka menggunakan handphone dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini menjelaskan tentang implementasi kepemimpinan guru pai meningkatkan  motivasi belajar siswa melalui pemanfaatan teknologi di era digital di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan studi kasus adalah alat yang kuat untuk menjelajahi situasi atau peristiwa tertentu dengan cermat, mendalam, dan rinci. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kompleksitas dan dinamika suatu fenomena atau masalah dalam konteks nyata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi, pendekatan inovatif dalam pembelajaran, manajemen penggunaan teknologi, dan perhatian terhadap kesejahteraan emosional siswa adalah faktor penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan efektif. Langkah-langkah ini membantu meningkatkan motivasi, pemahaman, dan keterlibatan siswa, serta menciptakan suasana belajar yang mendukung bagi pencapaian potensi belajar di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak. Guru PAI di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak memainkan peran penting dalam meningkatkan semangat belajar siswa dengan menerapkan strategi efektif dan berkomunikasi secara baik. Dengan pendekatan yang fleksibel, baik otoriter maupun demokratis, mereka menciptakan lingkungan pembelajaran yang memotivasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...