Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat (AbdiMas)

Mengintegrasikan Mentimeter Dalam Proses Pembelajaran Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila

Hidayat, Akmal (Unknown)
Novitasari, Ervi (Unknown)
Rahman, Khaidir (Unknown)
Darmawang (Unknown)
Rera Baharuddin, Fiskia (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penggunaan Mentimeter telah terbukti secara signifikan meningkatkan tingkat ketertarikan mahasiswa terhadap materi kuliah dan selama studi secara keseluruhan. Selain itu, Mentimeter telah digunakan untuk melakukan kuis singkat sebagai pengalaman kesiapan interaktif bagi siswa, yang menunjukkan potensinya untuk melibatkan siswa dalam mempelajari konsep-konsep yang sulit. Selain itu, platform ini telah ditinjau keefektifannya sebagai Sistem Respons Siswa (SRS) untuk proses pembelajaran dan pengajaran, yang menunjukkan potensinya sebagai alat yang berharga dalam lingkungan pendidikan. Dalam konteks pendidikan guru, Mentimeter telah digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran campuran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika, yang menunjukkan potensinya untuk meningkatkan praktik pedagogi. Selain itu, Mentimeter telah digunakan sebagai aplikasi presentasi interaktif untuk meningkatkan prestasi menulis siswa dalam pembelajaran online, menyoroti potensinya sebagai media pembelajaran untuk memfasilitasi keterlibatan dan pencapaian siswa. Dalam penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Mentimeter memiliki potensi untuk mendukung pembelajaran berbasis proyek dengan menghadirkan alat interaktif yang mempromosikan nilai-nilai seperti gotong royong, kreativitas, dan kemandirian. Guru dapat menggunakan Mentimeter untuk merancang aktivitas kolaboratif, mengevaluasi partisipasi siswa, serta mengintegrasikan tema-tema P5 ke dalam proses pembelajaran melalui kuis, survei, dan diskusi interaktif. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa Mentimeter memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan siswa, mendorong pembelajaran aktif, dan meningkatkan proses komunikasi antara guru dan siswa di berbagai lingkungan pendidikan. Oleh karena itu, melatih guru dalam penggunaan Mentimeter secara efektif sebagai media pembelajaran interaktif dapat berkontribusi secara signifikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang menarik, efektif, dan relevan dengan penguatan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Makassar adalah journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Abdimas meliputi hasil-hasil Pengabdian Kepada ...